Saturday, June 30, 2007

Mont Blanc




Mont Blanc (French for white mountain) or Monte Bianco (Italian, same meaning) also known as "La Dame Blanche" (French, the white lady) is a mount in the Alps. With its 4,808m, it is the highest mountain in the Alps, and in Western Europe.
The mountain lies between the regions of Aosta valley, Italy and Haute - Savoie, france.The location of the summit itself is a subject of controversy between the two countries, and each tends to place it within its own boundaries on maps. In a convention between France and Kingdom of Sardinia, in Turin (1861), the border was fixed on the highest point of Mont Blanc and this was the last official definition of this border, but often the Italian and French maps do not respect this solution.






Mont Blanc di ketinggian 3800m - Aosta Valley dari atas 2000 m


The two most famous towns near Mont Blanc are Courmaveur, in Aosta Valley - Italy - and Chamonix in Haute-Savoie, France.
Begun in 1957 and completed in 1965, the 11.6 km Mont Blanc tunnel runs beneath the mountain between these two cities and is one of the major trans-Alpine transport routes.
The Mont Blanc Massif is popular for mountaineering, hiking and skiing.



Dari Spotorno, Italy kita nyetir selama kurang lebih 3 jam ke Valle D'Aosta, Italy. Disana kebetulan ada rumah tante nya suamiku, jadi begitu tiba disana kita ngga langsung ke Monte Bianco, tapi nginep dulu dan menikmati pemandangan Aosta dr Gardennya mereka yang kebetulan tinggi dan menghadap ke pegunungan pre-alps.... Pemandangan indah seperti itu bisa mereka lihat tiap hari, Gosh....

Naik ke atas monte Bianco kita menggunakan Cabble car, yang pelan2 naik keatas, agak antri untuk masuk ke Cable car, mengingat waktu itu banyak sekali turis yang datang ke Mont Blanc. Ada beberapa stasiun cable car diatas sana di beberapa ketinggian, jadi kalo kamu mau stop di ketinggian 1000 m atau 2000 m bisa saja, diatas sana diketinggian 3600 ada restaurant yang lumayan besar menyediakan makanan italy, restaurant nya berada diluar, jadi bayangkan saja, kita makan siang di atas Mont blanc, couldn't imagine.....







Dan diatas sana juga ada hotel, ngga berbintang banget, tapi cukup oke lah buat orang2 yang kebetulan lagi hiking. Waktu itu kita cuma naik sampe ketinggian 3800. Waktu itu kita kesana pada waktu summer, tapi diatas sana dinginnya bukan main, saljunya tak pernah cair. Pada waktu winter katanya saljunyaakan menutupi seluruh pegunungan.

Diatas sana di ketinggian tertentu ada tiga tanda panah yang berwarna warni yang menunjukkan ke beberapa arah, ke Italy, France dan Swiss. Jadi pada ketinggian itu kita bisa memilih jalan mau kearah mana. Sedangkan puncak Mont Blanc ( Monte Bianco) berada di France.


3 comments:

Anonymous said...

What a great journey. Foto-foto jurnalistik-wisata plus ceritanya yang renyah buat aku pengen keliling dunia macam kam ini. Hebat kali pokoknya. Aku juga pasang link ke blog ini yach...Mejuah-juah

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Hanna Ester said...

Aiiihhhh pengennnn :'(